Minggu, 28 Maret 2010

Pengenalan Multi Media

Pengertian :
  • Banyak atau bermacam-macam
  • Sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau membawa sesuatu
  • Alat  untuk mendistribusikan dan mempresentasikan informasi (American Heritage Electronic Dictionary, 1991)
Multi Media dapat diartikan sebagai penggunaan beberapa media yang berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan informasi dalam bentuk text, audio, grafik,
 “Perpaduan harmonis antara berbagai media (teks, gambar, grafik/diagram, audio, video, animasi) secara sinergis untuk mencapai tujuan (pembelajaran)”
Beberapa definisi Multimedia menurut beberapa ahli:
  1. Kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar (Turban et al, 2002)
  2. Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video (Robin dan Linda, 2001)
  3. Multimedia dalam konteks komputer adalah: pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video, dengan menggunakan tool yang memungkinkan pemakai berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi (Hofstetter, 2001).
Sejarah Multi Media :
  1. Istilah multimedia berawal dari teater, bukan komputer. Pertunjukan yang memanfaatkan lebih dari suatu medium seringkali disebut pertunjukan multimedia
  2. Pertunjukan multimedia mencakup: monitor video, synthesized band, dan karya seni manusia sebagai bagian dari pertunjukan.
Perkembangan Multi Media:
Menurut  Morgan Stanley:
Untuk mencapai sebanyak 50 juta pengguna di Amerika Serikat waktu yang dibutuhkan untuk:
    • Televisi   : 13 tahun
    • TV Kabel : 10 tahun
    • Internet  :   5 tahun
Dan perkembangan multimedia mengikuti perkembangan internet
Jumlah pengguna internet meningkat sangat pesat akhir-akhir ini
  • Pengguna CD-ROM drive mencapai lebih dari 200 juta, DVD drive mulai menggantikan CD-ROM drive
  • Layanan multimedia online sedang mengalami booming
  • Teknologi komputer, elektronik, dan komunikasi menciptakan infrastruktur multimedia      mobile multimedia
  • Pengguna CD-ROM drive mencapai lebih dari 200 juta, DVD drive mulai menggantikan CD-ROM drive
  • Layanan multimedia online sedang mengalami booming
  • Teknologi komputer, elektronik, dan komunikasi menciptakan infrastruktur multimedia      mobile multimedia.
Sistem Multimedia
SISTEM MULTIMEDIA: A multimedia system is any system which supports more than a single kind of media (AHD, 1991).
Bagaimana sistem bisa disebut sebagai sistem multimedia?
1.Kombinasi Media
Sistem disebut sistem multimedia jika kedua jenis media (continuous/discrete) dipakai. Contoh media diskrit : teks dan gambar, dan media kontinu adalah audio dan video.
            Independence
2.Aspek utama dari jenis media yang berbeda adalah keterkaitan antar media tersebut. Sistem disebut sistem multimedia jika tingkat ketergantungan/keterkaitan antar media tersebut rendah
3.Computer-supported Integration
Sistem harus dapat melakukan pemrosesan yang dikontrol oleh komputer. Sistem dapat diprogram oleh system programmer/ user.
Multimedia PC
Multimedia PC merupakan standar sistem komputer yang menyediakan fasilitas multimedia.
Multimedia PC terdiri dari sebuah komputer dengan:
§   CD-ROM drive / DVD Drive
§   Sound Card (untuk recording dan playback)
§   Multimedia (Music/Movie) Player
§   RAM dan HARD DISK yang mencukupi
§   Graphics Adapter
Sistem Multimedia dibagi:
1.      Sistem Multimedia Stand Alone
               Sistem ini berarti merupakan sistem komputer multimedia yang memiliki minimal storage (harddisk, CD-ROM/DVD-ROM/CD-RW/DVD-RW), alat input (keyboard, mouse, scanner, mic), dan output (speaker, monitor, LCD Proyektor), VGA dan Soundcard
2.      Sistem Multimedia Berbasis Jaringan
Sistem ini harus terhubung melalui jaringan yang mempunyai bandwidth yang besar. Perbedaannya adalah adanya sharing sistem dan pengaksesan terhadap sumber daya yang sama. Contoh: video converence, permasalahan: bila bandwidth kecil, akan terjadi kemacetan jaringan.
Stand Alone Multimedia
Stand alone multimedia mempunyai I/O Device untuk menangkap data multimedia yang akan diproses tetapi untuk pelaksanaan proses playback dilakukan pemisahan antara media yang bergantung dengan waktu dengan media yang tidak bergantung pada waktu.
Multimedia based on network
   Harus terhubung dengan jaringan
Mampu melakukan sharing sistem dengan sumber daya yang sama dimana computer yang satu dapat melayani kebutuhan data multimedia dari komputer lain yang terhubung dalam jaringan sehingga dapat dijalankan.
Multimedia: antara Offline vs Online
Aspek
Off line
On line
Player
Media
Pesan
Pembelajaran
Interaktivitas

Komunikasi

Up dating
Sifat
Konten

tand alone PC
Dua jenis atau lebih
Terintegrasi
Terprogram, closed
User dengan komputer

Dua arah
Terprogram, closed
Versi baru
Statis
Multi

Network, internet
Dua jenis atau lebih
Terintegrasi,
interkoneksi
Terprogram, open
Antar user, narasumber
Banyak arah
Sin-Asinkronisasi
Kontinyu
Dinamis
Multi

Mengapa Multimedia ?
Multimedia dapat digunakan dalam:
1.      Bidang pendidikan dalam penyampaian bahan pengajaran secara interaktif dan dapat mempermudah pembelajaran karena dididukung oleh berbagai aspek: suara, video, animasi, teks, dan grafik
2.  Bidang jaringan dan internet yang membantu dalam pembuatan website yang menarik, informatif, dan interaktif
Media dan Pembelajaran
Tingkat kemampuan daya ingat
Media
%
Audio
10
Verbal (teks, visual)
20
Audio-Visual
50
     Tingkat kemampuan menyimpan pesan
Media
<3 hari
>3 hari
Audio
70%
10%
Verbal (teks, visual)
72%
20%
Audio-Visual
85%
65%
     Multimedia dan Prinsip  Pembelajaran
Manusia belajar dari :
  • 10 % Membaca                           Teks             
  • 20 % Mendengar                         Audio
  • 30 % Melihat                              Grafis/foto
  • 50 % Melihat & Mendengar        Video/Animasi
80 % Berbicara
80 % Berbicara dan melakukan        Simulasi
Multimedia mampu:
  1. Mengubah tempat kerja. Dengan adanya teleworking, para pekerja dapat melakukan pekerjaannya tidak harus dari kantor, contoh software yang mendukung teleworking/telecommuting: Netmeeting
  2. Mengubah cara belanja. Homeshopping/teleshopping dapat dilakukan dengan menggunakan internet, kemudian barang datang dengan sendirinya
  3. Mengubah cara bisnis. Banyak perusahaan menggunakan sistem jual beli online dan bank menggunakan cara online-banking
  1. Mengubah cara memperoleh informasi. Orang-orang mulai menggunakan internet dan berbagai software untuk mencari informasi, misalnya: membaca koran online
  2. Mengubah cara belajar. Sekolah mulai menggunakan komputer multimedia, belajar online, dan menggunakan e-book
  3. Internet Multimedia juga mulai bersaing dengan televisi dan radio.
Bersambung.. dengan posting lainnya…

Tidak ada komentar: